Sejenak Dalam Kalimat....

"...Berat beban Kau datangkan pada mereka di sana. Cela apa nista apa, hingga Engkau begitu murka..." (Iwan Fals)




Membuat Komik Dengan Photoshop

Wednesday, April 8, 2009


Kali ini saya akan coba membuat gambar seperti di bawah ini.
Sebenarnya ini hanya memainkan atau menggunakan Brush saja. Tentang Brush, anda bisa baca disini. Dan saya sudah menyiapkan Brush apa saja yang akan kita gunakan pada project ini. Anda bisa download disini dan disini.
1. Langsung buka saja software Photoshop anda.
2. File-New dan buat seperti ini.

3. Sapukan Brush lampu seperti ini. Ingat, tiap anda menggunakan Brush, usahakanlah buat layer baru. Dengan cara Layer-New-Layer atau Shift+Ctrl+N. Ganti nama layer 1 menjadi Lampu dengan cara Double Click pada layer 1 tersebut.


4. Gunakan lagi Brush seperti ini. buat menjadi layer boy dan layer girl. Jadi, sekarang anda mempunyai 4 layer.


5. Lagi-lagi anda menggunakan Brush. Kali ini brush pagar. Tapi, warnanya ubah menjadi cokelat atau terserah anda (yang penting warna pagar pada umumnya). Ingat, buat layer pagar di atas layer background.

Setelah selesai nge-Brushnya, anda coba perhatikan wajah atau bagian dari layer boy dan layer girl sedikit kotor di karenakan terkena brush pagar. Anda bisa menghapusnya menggunakan Eraser Tool (E) dengan mengaktifkan layer pagar.


Sebelum Menghapus

Sesudah Menghapus
6. Kemudian, anda coba buat lebih nyata atau tebal lagi pagarnya. Caranya, Layer-Layer Stlye-Blending Options atau klik kanan pada layer pagar, kemudian Blending Options. Maka akan muncul box Layer Style. Klik Stroke (berada paling bawah). Atur Colornya sesuai dengan warna pagar tadi dan ubah sizenya menjadi 1 px.

Hapus bagian yang kotor pada layer boy dan layer girl.

7. Buat lagi layer gedung, batu, rumput, rumput2 dan i need u dengan menggunakan brush yang ada. Untuk brush i need u, hapus bagian bonekanya dan sisakan tulisan I NEED YOU....


8. Nah, sekarang anda akan membuat seakan-akan layer boy dan layer girl diterangi cahaya lampu. Gunakan Burn Tool dan akfitkan atau anda bekerja di layer background. Ganti Range dan Exposurenya seperti pada contoh gambar.

Sapukan dengan Burn Tool sampai seperti ini atau terserah anda.

Huff...akhirnya anda bisa seperti para komikus. Gampang kan?



*klik pada gambar untuk melihat dengan jelas.

2 komentar:

Post a Comment