Sejenak Dalam Kalimat....

"...Berat beban Kau datangkan pada mereka di sana. Cela apa nista apa, hingga Engkau begitu murka..." (Iwan Fals)




Tool-tool pada toolbox Photoshop CS2 bag.1

Wednesday, April 15, 2009

Toolbox Photoshop ini terdiri dari tool yang digunakan buat mengedit foto yang ditampilkan pada kanvas dan membuat desain grafis yang dibutuhkan.


Berikut ini fungsi-fungsi atau kegunaan dari tool-tool di atas :
Move Tool digunakan untuk memilih sekaligus memindah objek terpilih di dalam kanvas atau lembar kerja.

Rectangular Marquee Tool digunakan untuk membuat seleksi yang berbentuk segi empat.
Elliptical Marquee Tool digunakan untuk membuat seleksi yang berbnetuk elips, lingkaran. Agar lingkaran lebih sempurna, anda cukup menekan atau menahan SHIFT pada keyboard. Tool ini akan muncul jika anda mengklik kanan tanda panah di bawah Rectangular Marquee Tool.
Single Row Marquee Tool digunakan untuk membuat seleksi horizontal setinggi satu pixel.
Single Column Marquee Tool digunakan untuk membuat seleksi vertikal selebar satu pixel.
Magic Wand Tool digunakan untuk membuat seleksi atau pixel-pixel yang ada dalam kawasan warna tertentu. Anda bisa mengatur toleransinya melalui Option Bar.
Lasso Tool digunakan untuk membuat seleksi dengan pola bebas (freehand). Jika anda menggunakan tool ini, pada saat mouse dilepas titik awal dan titik akhir akan terhubungkan. Untuk menjalankan tool ini gunakan proses drag and drop.
Polygonal Lasso Tool digunakan untuk membuat seleksi dalam bentuk poligon atau segi banyak yang berupa garis patah-patah.
Magnetic Lasso Tool digunakan untuk membuat seleksi yang melekat pada perbatasan yang dipilih.Untuk menggunakan tool ini, anda dapat mengklik di satu titik pada bidang yang akan diseleksi, kemudian gerakkan mouse pada bidang yang ingin anda seleksi (bidang seleksi akan mengikuti arah pergerakkan mouse). Proses seleksi akan berhenti jika titik awal dan titik akhir bertemu.
Crop Tool digunakan untuk memotong bagian tertentu dari sebuah gambar.
Slice Tool digunakan untuk membuat objek slice pada gambar. Biasanya digunakan untuk memotong bagian-bagian tertentu dari sebuah template website.
Slice Select Tool digunakan untuk membuat pilihan area slice tertentu pada gambar.

0 komentar:

Post a Comment